Selasa, 26 Juli 2016

Resep Cara Membuat Roti Maryam Enak

Resep
Roti paratha atau yang cenderung lebih di kenal oleh masyrakat indonesia dengan sebutan roti maryam adalah roti yang berasal dari arab dan india yang sejarahnya di bawah oleh pedagan ke indonesia sejak jaman dahulu. di beberapa negara roti ini memiliki sebutan yangberbeda-beda, seperti di indonesia roti ini sering di sebut roti maryam, di negara tetangga malaysia roti ini di sebut roti canai, sedangkan di singapura di sebut roti prata. untuk membuat nya pun ada beberapa macam dan variasi dari mulai di beri gula, madu dan lain nya di atas adonan serta proses membuatnya pun bervariasi ada yang lebih singkat dan ada juga yang lumayan panjang, nah yang ntar akan kita pakai adalah cara dan proses yang sedikit agak panjang namun hasilnyapun akan lebih enak.

Zaman dahulu roti ini sering kita jumpai di kampung-kampung arab karena rasanya yang di akui enak oleh semua masyarakat indonesia sekarang banyak penjual roti maryam yang dapat anda temukan dan beli di sudut-sudut kota anda di sore hari. Roti maryam berbeda dengan resep cara membuat roti goreng biasa[1]  pada umum nya walaupun sama-sama di goreng namun prose membuatnya lebih simple dan tak membutuhkan waktu banyak. beberapa orang menyajikan bersamaan dengan resep gulai kambing enak[2] agar rasanya tambah gurih dan enak namun ada pula yang langsung menyantapnya tanpa gulai maupun kari. bagaimana apakah anda ingin belajar membuat resep yang satu ini?

===================
Bahan Roti Maryam :
===================
1/2 kg tepung terigu
1/4 liter minyak goreng
2 butir telur ayam
150 ml air matang hangat
150 gram margarin
1/4 sendok makan garam
1 sendok makan susu bubuk

==============================
Cara Membuat Roti Maryam Enak :
==============================
1. Siapkan bahan dan wadah, kocok telur dalam wadah, masukkan tepung terigu secara perlahan sambil di aduk dan campur dengan telur.
2. Tambahkan susu bubuk dan tuang 150 ml minyak goreng ke dalam adonan. campur dan aduk rata.
3. Langkah selanjutnya tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil di uleni kalis dan semua tercampur rata (adonan bisa di bentuk)
4. Ambil dan buat bulatan-bulatan pada adonan, masing-masing berkisar 75 gram saja. selanjutnya tinggal tutup dengan plastik dan diamkan selama 45 menit saja.
5. Selanjutnya ambil margarin dan lelehkan terlebih dahulu, kemudian siapkan wadah dan campurkan margarin yang telah leleh dengan sisa minyak goreng tadi hingga tercampur rata.
6. Olesi alas meja (yang untuk memipihkan adonan) dengan campuran margarin dan minyak goreng. ambil salah satu adonan nya dan letakan di atas.
7. Pipihkan adonan hingga menipis selanjutnya oleskan campuran minyak goreng dan margarin di atas permukaan adonan.
8. Gulung memanjang adonan nya kemudian gulug kembali secara berlawanan (membentuk sebuah konde rambut). lakukan ke semua adonan hingga habis. diamkan selama 10 menit saja.
9. Panaskan sedikit minyak menggunakan api kecil saja pada teflon / penggorengan datar anti lengket. pangang roti di atas nya sampai matang, jangan lupa untuk membolak-balik dan pipihkan ketika menggoreng agar matang nya merata.
10. Sajikan.


Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, [6] Updated at: 09.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan

Resep Cara Membuat Roti Maryam Enak

4.5/ 5

Oleh

References

  1. ^ resep cara membuat roti goreng biasa (jawaresep.blogspot.com)
  2. ^ resep gulai kambing enak (jawaresep.blogspot.com)
  3. ^ (plus.google.com)
  4. ^ (jawaresep.blogspot.co.uk)
  5. ^ (jawaresep.blogspot.co.uk)
  6. ^ Jawa Resep | Resep Masakan Online, (jawaresep.blogspot.com)

Source : http://jawaresep.blogspot.com/2015/01/resep-cara-membuat-roti-maryam-enak.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar